Setelah Anji, Polisi Panggil Hadi Pranoto  

Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya mengagendakan pemeriksaan Hadi Pranoto terkait dugaan penyebaran berita bohong alias hoax dari konten YouTube musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji.

“Kami jadwalkan jam 10.00 WIB,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis 13 Agustus 2020.

Hadi akan dimintai keterangan sebagai saksi terlapor. Namun, belum diketahui apakah Hadi akan hadir memenuhi pemanggilan polisi. Pemanggilan Hadi baru dilakukan setelah pihaknya memeriksa Anji karena polisi ingin merangkai secara sistematis perihal kasus tersebut.

“Yang ditemukan dan ramai adalah muncul di medsos akun daripada Dunia Manji itu yang kami lakukan pendalaman dulu. Kronologinya kok sampai dia mengunggah di dunia maya, dari sini memulai sambil berjalan secara sistematis,” katanya.

Anji dilaporkan oleh Muannas Alaidid ke Polda Metro Jaya, Senin, 3 Agustus 2020. Hadi Pranoto, yang mengaku sebagai pakar mikrobiologi dan diwawancarai Anji melalui kanal YouTube-nya @duniamanji juga dilaporkan.

Pasal yang diduga dilanggar berkaitan dengan tindak pidana bidang ITE atau menyebarkan berita bohong.

“Kami datang untuk melapor ke kepolisian di SPKT Polda Metro Jaya berkaitan dengan dugaan tindak pidana menyebarkan berita bohong oleh akun channel YouTube milik Anji,” kata Muannas beberapa waktu lalu.

Sumber: viva.co.id

Oleh: Daurina Lestari, Foe peace simbolon

Nullam non diam dapibus leo ut